Welcome to My Blog. Enjoy Here guys.

Sabtu, 29 Oktober 2011

memaknai peringatan bulan bahasa

Bulan Bahasa
Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keanekaragaman kebudayaan dan etnik salah satunya adalah keanekaragman bahasa. Bermacam – macam bahasa daerah dari segala suku dimiliki bangsa Indonesia. Tetapi untuk mempersatukan perbedaan itu pemerintah menyatukannya dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Meskipun bahasa daerah dan bahasa Indonesia tergusur dengan keberadaan bahasa asing, namun bahasa Indonesia masih tetap memegang fungsinya sebagai sarana komunikasi yang menyatukan bangsa Indonesia. Dan kita juga harus bangga karena memiliki bahasa nasional yang mengakibatkan tidak adanya pembeda antara suku satu dengan yang lain.  Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana mengelola kekayaan itu agar dapat dimaksimalkan manfaatnya untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Bulan bahasa di tahun 2011 ini bertemakan “Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah”.
Karakter para penerus – penerus bangsa tidak akan terbentuk atau berubah jika bukan dari diri masing – masing. Di jaman sekarang bahasa – bahasa yang tidak sopan dan santun sering di lontarkan ketika seseorang berbicara. Itu yang harus kita hindari karena tidak sesuai dengan norma yang ada. Kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik, sopan ketika berbicara kepada orang lain terutama yang lebih tua. Bahasa baik, merupakan cermin jati diri kita, melambangkan karakter dan kepribadian kita.
Selain itu kita juga harus mempertahankan bahasa – bahasa daerah yang ada, karena itu merupakan salah satu aset kekayaan yang bangsa Indonesia miliki. Jangan sampai kebudayaan bahasa kita yang beranekaragam itu di klaim oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karena itu, untuk memperingati bulan bahasa di berbagai sekolah di rayakan dengan berbagai macam lomba yang berkaitan dengan sastra Indonesia. Ini dilakukan untuk mempertahankan bahasa Indonesia agar tidak tergusur oleh bahasa asing maupun bahasa - bahasa gaul yang tidak sesuai dengan norma. Berbagai lomba itu antara lain. Lomba membaca dan menulis puisi, lomba membaca cerpen, lomba blog dengan artikel – artikel yang di muat di dalamnya, dan berbagai lomba lainnya.  
Di harapkan dari peringatan bulan bahasa ini, siswa dan siswi bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya di bidang bahasa, lebih mencintai bahasa nasional Indonesia yaitu bahasa Indonesia, dan sembari mengingat pelajaran pelajaran bahasa indoesia yang sudah di pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar