Welcome to My Blog. Enjoy Here guys.

Selasa, 12 Juni 2012

memaknai hari sumpah pemuda


MEMAKNAI HARI SUMPAH PEMUDA
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun
kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Sebagai pemuda penerus bangsa sebaiknya kita harus melanjutkan perjuangan – perjuangan para pahlawan, dengan belajar tanpa kenal lelah, menggali terus potensi yang kita miliki sehingga kita dapat bersaing dengan negara – negara maju dan tidak tertindas karena kurangnya pengetahuan yang kita miliki. Kita harus menjadi pemuda yang tidak kenal putus asa untuk mencapai cita – cita, membangun bangsa dan negara kita tetapi tanpa mengabaikan makna sumpah pemuda itu sendiri serta tetap berpegang pada pancasila dan norma – norma yang ada.
Pemerintah juga akan mempersiapkan para pemuda Indonesia di segala bidang, di setiap pelosok Indonesia, untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan tanpa kehilangan akar budayanya. Untuk itu, pemuda Indonesia harus mengusai tiga bahasa yakni bahasa persatuan, bahasa Indonesia, satu bahasa internasional dan paling tidak satu bahasa daerah.
Untuk memperingati hari sumpah pemuda ini kegiatan sukarelawan adalah sesuatu yang sangat bagus untuk diberdayakan secara terus menerus. Pemerintah bersama masyarakat dan berbagai kelompok masyarakat perlu mengambil peran aktif dalam menciptakan peluang, kesempatan bagi para pemuda untuk menunjukkan kepeduliannya.
Peran dan partisipasi pemuda dalam pembangunan nasional merupakan hal yang nyata. Dengan berbagai potensi, bakat, kemampuan dan keterampilan sekaligus dengan semangat dan idealisme yang kental, keterlibatan dan peran serta pemuda dalam pembangunan nasional senantiasa memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa.
Untuk itulah keberadaan, kiprah dan masa depan pemuda harus memperoleh kepastian garansi atau jaminan dari Negara. kompleksitas persoalan yang dihadapi pemuda Indonesia mengharuskan seluruh komponen bangsa secara bersama-sama memberikan solusi untuk mengatasi dan mengentaskan pemuda dari segala macam masalah yang dihadapinya menuju kejayaan bangsa di masa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar